SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA ADA MANFAATNYA UNTUK ANDA

Kamis, 29 November 2012


http://www.tarungnews.com/bk27panel/modul/images_upload/images/Bendungan_Karet_Waledan.JPGHarapan Yang Menjadi Kenyataan,Membangun Bendungan Karet Di Desa Waledan

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan nasional dan meminimalkan perbedaan distribusi pengembangan sumber daya air di antara daerah-daerah, maka Pemerintah Indonesia telah melaksanakan serangkaian usaha terus menerus dimana salah satunya adalah pembangunan dibidang prasarana air baku  yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat kecil/petani dalam memenuhi kebutuhan air irigasi maupun air baku.
Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya air serta pengendalian banjir di daerah aliran sungai Cimanuk-Cisanggarung. Untuk mencapai tujuan tersebut telah diidentifikasi beberapa lokasi calon bendung yang memiliki peluang dan keuntungan  untuk direalisasikan maupun dikembangkan salah satu di ataranya adalah Bendung Waledan di sungai  Rambatan  Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Berdasarkan perkembangan terakhir yang terjadi di wilayah Kabupaten Indramayu, kebutuhan air baku semakin lama semakin meningkat, sementara ketersediaan air semakin terbatas. Peningkatan kebutuhan air tersebut sejalan dengan adanya peningkatan jumlah penduduk, fasilitas permukiman dan kebutuhan air irigasi. Hal ini semakin terasa apabila musim kemarau tiba, Bendung Waledan diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut.
Bendung Karet Waledan di Kabupaten Indramayu ini lebih memprioritaskan pada manfaat penyediaan untuk kebutuhan air baku DMI  dan air irigasi. Bendung Karet Waledan telah direncanakan sejak tahun 1994 dan telah di revew ulang pada tahun 2009, serta masyarakat sekitar sangat berharap agar bendung karet tersebut segera terwujud sehingga kesulitan akan krisis air tawar dapat segera teratasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar